Minggu, 07 Maret 2010

Trik Memasang CDI Smash pada Supra Fit

Trik Memasang CDI Smash pada Supra Fit
by Navasoft Corp
Setelah kemaren CDI rusak karena kemasukan air, akhirnya aku beli lagi CDI lain. Langsung aja malam itu juga aku hubungi temenku kalau aku butuh CDI. Masalahnya adalah CDI yang ada hanya CDI Smash dan CDI King... Kalau mau pake CDI King sepertinya gak deh... soalnya CDInya kecil... perkiraanku CDI King gak pake IC...walau gak ada limiternya...tapi aku gak suka CDI yang gak pake IC, trus juga masih AC... Walau mungkin saja ada rangkaian pengganti IC pake transistor juga...

Jadi pilihanku adalah CDI Smash original... barusan nyabut kata yang punya...he he he...Aku beli dengan harga 75 ribu aja lalu plus konektor 10 ribu.... Jauh lebih murah daripada beli IC IR2155 di Glodok...satu biji 75ribu...

Kata temenku CDI-nya bisa langsung dipasang di motor aku... dia dah pernah pasang di Supra juga. Well... ya udah langsung aja kirim kesini...

Jam 10an barang datang dibawa temenku...langsung aja dipasang sekalian... tapi upss.....
Coba-coba utak-atik kabel konektor...kog gak nyala-nyala juga...satu jam dicoba gak jadi-jadi juga...

Karena gak jadi juga... terpaksa browsing dulu cari gambar konektornya....wah gak nemu-nemu juga, padahal dah hampir jam 12 malam.... Ya udah lah ditinggal aja dulu....

Paginya...seaarching lagi...akhirnya nemu deh manual CDI Rextor.... di dalamnya ada gambar konektor CDI Smash... Ok... 1:Koil 2:Massa 3:Pulser 4:Massa 5:Kosong 6:Aki....
Langsung dirakit....owh... kok ga nyala juga... kenapa nih...mana udah mau kerja juga....

Hampir 1 jam utak-atik kabel.... gak bisa juga... sempet ganti koil juga sama aja... akhirnya ijin deh kerjanya....

Setelah dicoba-coba ternyata bisa keluar juga apinya... sip dah... ternyata kabel pulser dan masaa pulser harus dibalik... Lalu dicoba pasang businya... ow... ternyata gak bisa hidup....
Terpaksa bongkar lagi... ternyata apinya gak standar... makin banter putaran malah ilang apinya...

Waduh... ko susah gini ya... katanya bisa dipake di supra????
Terpaksa deh buka-buka buku dulu... liat koleksi rangkaian CDI Shogun.... nah ini dia....
Coba deh... Dan... wow... akhirnya bisa juga...he he he...

Penjelasan Teknis: < :-P >
CDI smash sama kaya CDI Jupiter... memiliki dua input (pulser dan massa pulser) dan CDI Shogun sama kaya CDI Supra memiliki satu input saja yaitu pulser tok.

Sebenarnya sih... dalamnya kurang lebih sama aja... karena prinsipnya juga sama aja...
CDI versi satu input... didalamnya juga dua juga... jadi dari satu input pulser tadi dibelah menjadi dua... sinyal positif dan negatif lalu masuk ke IC... (lihat rangkaian CDI Honda Transalp -nauval2007-moto.blogspot.com)

Ok langsung aja lah... dah siang nih mau berangkat... aku pake rangkaian pengganti dengan dua buah dioda supaya dapat dua sinyal positif dan negatif... pasang yang positif ke kaki pulser massa dan negatif ke pulser, gak tau napa kebalik tapi ya gitu jadi deh...

Sisi negatif:
Selama praktek...aku pake di motorku sih gak ada masalah. Tapi kalau secara teori menurutku...akan ada sedikit perbedaan "timing" dengan rangkaian asli... well tapi aku gak ada waktu buat analisa juga.... yang penting dah bisa jalan dan hasilnya mesin gak mbrebet juga... hah hah ahah...

Dah dulu ya...mau kerja dulu... detail rangkaian nanti menyusul...

3 comments:

Anonim mengatakan...

Bos,saya mau nanya neh,saya punya supra,saya dah pakai CDI smash,tapi kiproknya masih punyaan supra,dah saya coba untuk merangkai kabel2nya,tapi gk bisa juga,saya minta bantuan bos,untuk merangkai jalur kabel CDI dengan kiprok dan aki.tolong ya bos.

Bangkit Teknik AC Yogyakarta mengatakan...

Rangkaiannya mas?

Anonim mengatakan...

Gi mna caranya cdi smes di pake ke suprapit


Blogger Layouts by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Green House Ideas